Jumat, 17 Oktober 2014

Pemeriksaan di tingkat Banding dan di tingkat Kasasi perkara TUN

PEMERIKSAANDI TINGKAT BANDING DAN DI TINGKAT KASASI


A. Pemeriksaan di Tingkat Banding


1.  Permintaan Pemeriksaan Tingkat Banding

Terhadap putusan pemeriksaan Peradilan Tata Usaha Negara dapat dimintakan banding oleh penggugat atau tergugat atau pihak ketiga yang memasuki proses sewaktu proses itu berjalan, kepada Pengadilan Tinggi Tata usaha Negara (Pasal 122 UU PTUN)
a.   Pemeriksaan ditingkat banding ini dimaksudkan agar seluruh pemeriksaan yang telah dilakukan oleh Hakim Pengadilan Tingkat Pertama diperiksa ulang oleh Pengadilan Tinggi.
b.  Pada pemeriksaan ini para pihak diberi kesempatan untuk mengajukan argumen-argumennya dalam bentuk memoro banding mengenai hal-hal yang dianggapnya perlu, yang menurut mereka telah dilupakan oleh Hakim Pengadilan Tingkat Pertama.
c.   Disini dapat juga diajukan bukti-bukti baru yang belum pernah diajukan atau membantah, atau memperkuat pertimbangan atau putusan Hakim Pengadilan Tingkat Pertama
d.  Pemeriksaan ini bersifat devolutif, artinya seluruh pemeriksaan perkara dipindahkan dan diulang kembali oleh Hakim Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara.

2.  Pihak Ketiga (Pasal 83 UU PTUN)

a.   Selama pemeriksaan berlangsung, setiap orang yang berkepentingan dalam sengketa pihak lain yang sedang diperiksa oleh pengadilan, baik atas prakarsa sendiri dengan mengajukan permohonan, maupun atas prakarsa Hakim, dapat masuk ke dalam sengketa Tata Usaha Negara dan bertindak sebagai:
1).     Pihak yang membela haknya, atau;
2).     Peserta yang bergabung dengan salah satu pihak yang bersengketa.
Permohonan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) huruf a, dapat dikabulkan dalam putusan yang dicantumkan dalam Berita Acara Sidang.
b.  Permohonan banding terhadap putusan Pengadilan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 ayat (1) huruf b tidak dapat diajukan tersendiri akan tetapi harus bersama-sama dengan permohonan banding terhadap putusan akhir dalam pokok sengketa.
Yang dimaksud dengan pihak ketiga tersebut dalam contoh sebagai berikut:
1)  Seorang B menggugat agar keputusan Badan Pertahanan Nasional (BPN) yang berisi pencabutan sertipikat tanah atas namanya dinyatakan batal, karena cara perolehannya tidak melalui prosedur peraturan perundang-undangan yang berlaku. “X” yang mengetahui gugatan B tersebut merasa berkepentingan untuk membel haknya karena ia merasa yang paling berhak atas tanah tersebut, sebab ia sebagai ahli waris tunggal dari pewaris yang semula memiliki tanah tersebut.
2)  “B” menggugat agar keputusan BPN yang berisi pencabutan sertipikat atas namanya dinyatakan batal itu, ia menyatakan membeli dari “G”, kemudian “B” mengajukan permohonan agar “G” ditarik bergabung dengannya untuk memperkuat posisi gugatannya.
Disini “G” berkedudukan sebagai Penggugat II intervensi.

3.  Putusan PTUN yang bukan putusan akhir hanya dapat dimohonkan pemeriksaan banding bersama-sama dengan Putusan Akhir (Pasal 124 UU PTUN)

Putusan terhadap penundaan pelaksanaan putusan TUN yang sedang digugat {Pasal 67 ayat (2)}, yang hanya dapat dimohonkan pemeriksaan banding bersama-sama dengan Putusan Akhir.

4.  Beberapa Putusan yang dapat berkedudukan sebagai Putusan Akhir, tetapi tidak dimungkinkan untuk dimintakan permohonan banding:

a.   Penetapan Ketua pengadilan dalam rapat permusyawaratan, ketua pengadilan berwenang memutuskan dengan penetapan yang dilengkapi dengan pertimbangan-pertimbangan bahwa gugatan dapat diajukan itu dinyatakan tidak diterima atau tidak mendasar.
b.  Terhadap putusan mengenai perlawanan itu tidak dapat digunakan upaya hukum (Pasal 62 ayat (6) UU PTUN);
c.   Penetapan Ketua Pengadilan mengenai permohonan untuk beracara cuma-cuma (Pasal 60 UU PTUN)
d.  Putusan perlawanan pihak ketiga terhadap pelaksanaan Putusan yang telah berkekuatan tetap (Pasal 118)

5.  Prosedur Permohonan Pemeriksaan Banding.

a.   Diajukan secara tertulis oleh pemohon atau kuasanya kepada Ketua pengadilan TUN Tingkat Pertama yang menjatuhkan Putusan dalam tenggang waktu 14 hari setelah putusan tersebut diberitahukan kepadanya secara sah {Pasal 123 ayat (1)}. Dalam praktek hal ini akan terjadi dengan mengisi formulir yang sudah tersedia.
b.  Hanya putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap yang dapat dilaksanakan (Pasal 115), oleh karena itu permohonan banding akan mengakibatkan ditundanya pelaksanaan Putusan yang dimohonkan banding.
c.   Setelah Permohonan Pemeriksaan Banding beserta biaya perkara dipenuhi dan perkara itu dicatat dalam perkara banding, Panitera memberitahukan hal itu kepada pihak Terbanding. Hal yang serupa juga harus dilakukan kalau kedua pihak mengajukan Permohonan Permintaan Banding.
d.  Selambat-lambatnya dalam waktu 30 hari sesudah Permohonan Pemeriksaan Banding dicatat, Panitera memberitahukan kepada kedua belah pihak bahwa mereka dapat melihat berkas perkara di kantor Pengadilan Tata Usaha Negara dalam tenggang waktu 30 hari setelah mereka menerima pemberitahuan tersebut {Pasal 126 ayat (1)}
e.   Salinan Putusan, Berita Acara dan surat-surat lain yang bersangkutan dengan perkara harus dikirimkan kepada Panitera Pengadilan Tinggi TUN selambat-lambatnya 60 hari sesudah pernyataan Permohonan Pemeriksaan Banding.

B.  Pemeriksaan di Tingkat Kasasi


1.  Terhadap putusan tingkat terakhir Pengadilan, dapat dimohonkan pemeriksaan kasasi kepada Mahkamah Agung (Pasal 131 UU PTUN)
2.  Pemeriksaan kasasi untuk perkara yang diputus oleh Pengadilan di lingkungan Pengadilan TUN, dilakukan menurut ketentuan Pasal 55 ayat (1) Undang-Undang No 5 Tahun 2004 Tentang Mahkamah Agung.
3.  Permohonan kasasi dapat diajukan hanya jika pemohon terhadap perkaranya telah menggunakan upaya hukum banding kecuali ditentukan lain oleh undang-undang, (Pasal 43 UU No 5 Tahun 2004), permohonan kasasi dapat diajukan hanya 1 (satu) kali.
4.  Permohonan Kasasi dapat diajukan kepada pihak yang berperkara atau wakilnya yang secara khusus dikuasakan untuk itu dalam perkara TUN yang diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Tingkat Banding atau Tingkat Terakhir di Lingkungan Peradilan Umum, Lingkungan Peradilan Agama, dan Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara, permohonan kasasi tersebut dapat diajukan hanya 1 (satu) kali. (Pasal 44 UU Tentang MA)
5.  Permohonan Kasasi demi kepentingan hukum dapat diajukan oleh Jaksa Agung karena jabatannya dalam perkara TUN yang diperiksa dan diputus oleh Pengadilan Tingkat Pertama atau Pengadilan Tingkat Banding di lingkungan Peradilan Umum, Peradilan Agama dan di lingkungan Peradilan TUN, permohonan kasasi tersebut dapat diajukan hanya 1 (satu) kali. (Pasal 45 UU No 5 Tentang MA).

C.  Pemeriksaan Peninjauan Kembali


1.  Terhadap Putusan Pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap dapat diajukan permohonan peninjauan kembali kepada Mahkamah Agung.
2.  Dalam peninjauan kembali perkara yang telah diputus Pengadilan di Lingkungan Peradilan Tata Usaha Negara digunakan Hukum Acara Peninjauan Kembali sebagaimana tercantum dalam Pasal 67 sampai dengan Pasal 75 UU Tentang MA (Pasal 77 UU MA)
Catatan:
Pasal 67 sampai dengan Pasal 75 UU MA mengatur tentang Hukum Acara Peninjauan kembali bagi Peradilan Umum yang berdasarkan Pasal 77 UU MA diberlakukan juga untuk Peradilan di Lingkungan Peradilan Agama, Peradilan Tata Usaha Negara dan Peradilan Militer.
3.  Permohonan Peninjauan Kembali hanya dapat diajukan berdasarkan alasan-alasan (Pasal 67 UU MA)
a.   Apabila putusan didasarkan pada suatu kebohongan atau tipu muslihat pihak lawan yang diketahui setelah perkaranya diputus atau didasarkan pada bukti-bukti yang kemudian oleh hakim pidana dinyatakan palsu.
b.  Apabila setelah perkara diputus, ditemukan surat-surat bukti yang bersifat menentukan yang pada waktu perkara diperiksa tidak dapat ditemukan
c.   Apabila telah dikabulkan sesuatu hal yang tidak dituntut atau lebih daripada yang dituntut.
d.  Apabila telah dikabulkan sesuatu bagian dari tuntutan belum diputus tanpa dipertimbangkan sebab-sebabnya.
e.   Apabila antara pihak-pihak yang sama mengenai suatu soal yang sama, atas dasar yang sama oleh Pengadilan yang sama tingkatnya telah diberikan putusan yang bertentangan satu dengan yang lain.
f.    Apabila dalam suatu Putusan terdapat suatu kekhilafan yang bertentangan satu dengan yang lain.

4.  Permohonan Peninjauan Kembali harus diajukan sendiri oleh para pihak yang berperkara atau akhli warisnya atau seorang wakilnya yang secara khusus dikuasakan untuk itu. Apabila selama proses peninjauan kembali Pemohon meninggal dunia, permohonan tersebut dapat dilanjutkan oleh ahli warisnya (Pasal 68 UU MA)

D. Hakim Ad-Hoc


Ketua Pengadilan dapat menunjuk Hakim Ad-Hoc sebagai anggota Majelis dalam hal Pengadilan memeriksa dan memutus perkara TUN (Pasal 135 UU PTUN)
Syarat-syarat sebagai Hakim Ad-Hoc: WNI, bertaqwa kepada Tuhan YME, setia kepada Pancasila dan UUD 1945, bukan bekas anggota organisasi terlarang PKI termasuk ormasnya, atau bukan orang yang terlibat langsung dalam G-30-PKI atau organisasi terlarang lainnya, berumur serendah-rendahnya 25 tahun, berwibawa, jujur, adil dan berkelakuan tidak tercela.
Hakim Ad-Hoc boleh seorang pengusaha / swasta.
Tata cara pengangkatannya diatur Peraturan Pemerintah.

Daftar Pustaka


1.        Agus M. Mazwan Sosrokusumo, S.H. Freis Ermessen, sebuah type Tindak Pidana Hukum di Bidang Hukum Tata Pemerintahan, Seri Karangan Tersebar, Fakultas Hukum Universitas Jember, 1983.

2.        Prof.DR. Baharudin Lopa ,S.H. dan DR A. Hamzah, S.H. Mengenal Peradilan Tata Usaha Negara, Sinar Grafika, Jakarta.

3.        Prof DR. Mr Prajudi Atmosudirdjo, Hukum Administrasi Negara, Seri Pustaka Ilmu Administrasi, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1981

4.        Indroharto, Usaha Memahami Undang-Undang Tentang Peradilan Tata Usaha Negara, Buku I, Cetakan Keenam, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta, 1996

5.        Ismail Saleh, S.H. Pidato Sambutan Pemerintah Atas Persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Terhadap Rancangan Undang-Undang Peradilan Tata Usaha Negara, Tanggal 20 Desember 1986.

6.        Joko Widodo, Good Governance telahaan dari Demensi Akuntabilitas Dan Kontrol Birokrasi Pada Era Desentralisasi Dan Otonomi Daerah Penerbit, Insan Cendekia 2001.

7.        Y.W Sunindya, S.H., Dra Ninik Widiyanti, Administrasi Negara Dan Peradilan Administrasi. Aneka Cipta, Jakarta, 1990.

8.        Martiman Prodjohamidjojo, S.H. Hukum Acara Peradilan Tata Usah Negara, Ghalia Indonesia 1993.

9.        Zairin Harahap, Hukum Acara Peradilan Tata Usaha Negara, Edisi Revisi , PT Raja Grafindo Persada, Jakarta 2007

10.     Undang-Undang Dasar 19945

11.     Undang-Undang Dasar 1945 peruhan Pertama, Kedua, Ketiga dan Keempat dalam satu naskah

12.     Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1986 Tentang Peradilan Tata Usaha Negara serta Penjelasannya, Ghalia Indonesia, Jakarta, 1987.

13.     UNdang-Undang No 7 Tahun  2004 Tentang


 ---------------------------Arsip Pembelajaran Hukum Acara TUN

1 komentar:

  1. KISAH CERITA SAYA SEBAGAI NAPI TELAH DI VONIS BEBAS,
    BERKAT BANTUAN BPK Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum BELIAU SELAKU PANITERA MUDA DI KANTOR MAHKAMAH AGUNG (M.A) DAN TERNYATA BELIAU BISA MENJEMBATANGI KEJAJARAN PA & PN PROVINSI.

    Assalamu'alaikum sedikit saya ingin berbagi cerita kepada sdr/i , saya adalah salah satu NAPI yang terdakwah dengan penganiayaan pasal 351 KUHP dengan ancaman hukuman 2 Tahun 8 bulan penjara, singkat cerita sewaktu saya di jengut dari salah satu anggota keluarga saya yang tinggal di jakarta, kebetulan dia tetangga dengan salah satu anggota panitera muda perdata M.A, dan keluarga saya itu pernah cerita kepada panitera muda M.A tentang masalah yang saya alami skrg, tentang pasal 351 KUHP, sampai sampai berkas saya di banding langsun ke jakarta, tapi alhamdulillah keluarga saya itu memberikan no hp dinas bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum Beliau selaku panitera muda perdata di kantor M.A pusat, dan saya memberanikan diri call beliau dan meminta tolong sama beliau dan saya juga menjelas'kan masalah saya, dan alhamdulillah beliau siap membantu saya setelah saya curhat masalah kasus yang saya alami, alhamdulillah beliau betul betul membantu saya untuk di vonis dan alhamdulillah berkat bantuan beliau saya langsun di vonis bebas dan tidak terbukti bersalah, alhamdulillah berkat bantuan bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum beliau selaku ketua panitera muda perdata di kantor Mahkamah Agung R.I no hp bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum 0823-5240-6469 Bagi teman atau keluarga teman yang lagi terkenah musibah kriminal, kalau belum ada realisasi masalah berkas anda silah'kan hub bpk Dr. H. Haswandi ,SH.,SE.,M.Hum semoga beliau bisa bantu anda. Wassalam.....

    BalasHapus